rss

Jumat, 28 Januari 2011

BELAJAR SEO PEMULA

BELAJAR SEO
Bagi pemula dalam dunia blog maupun website seperti saya ini, SEO merupakan hal asing bagi kita (blogger pemula). Kita akan bertanya tanya apa itu SEO, manfaat, fungsi, tujuannya. Dari pencarian info di sana sini,  maka dapat saya temukan artian kata tersebut. Definisi SEO/Search Engine Optimization) atau dalam Indonesianya optimisasi mesin pencari merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja / algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog kita berada pada posisi teratas atau paling tidak halaman pertama hasil pencarian Google berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Logisnya, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan kunjungan. Hal ini tentunya selalu dibutuhkan oleh mereka yang ingin menaikkan pagerank, menaikkan pengunjung sehingga blog atau web mereka menjadi terkenal.  Lalu kenapa banyak orang ingin menaikkan peringkat pencarian mereka atau ingin blog atau mereka banyak dikunjungi? Ternyata dari baca sana baca sini, saya mendapatkan info bahwa hal itu sangatlah penting karena di dalam blog mereka ada iklan yang tentunya bisa mendatangkan uang (contoh iklan perklik, iklan per penjualan dsb). 
Untuk mempelajari SEO adalah susah susah gampang, sebagai pemula seperti saya yang belum banyak ilmunya (hehhe) tentunya akan sangat kebingungan di awal- awal, tapi  dari baca sana baca sini dari banyak blog teman teman, inilah beberapa tips yang juga saya coba lakukan karena saya juga ingin mendapatkan postingan saya di halaman pertama pencarian Google, karena siapa yang tidak ingin blog nya tenar? Sayapun juga ingin (hehehe)
  1. Sesuaikan judul atau title dengan keyword yang akan anda optimisasi. Title atau judul postingan paling memberi andil besar dalam index di Search Engine.
  2. Beri warna atau bold pada kata yang ingin kita optimasi
  3. Carilah keyword berkualitas yang sesuai dengan isi blog anda.
  4. Tentukan tag untuk description blog anda.
  5. Perbanyak postingan yang berkualitas dan berguna bagi pemakai, kalau bisa original dari anda.
  6. Mendaftarkan situs anda pada Search Engine Google, YAHOO, dan MSN 
  7. Mendaftarkan pada Social Bookmark seperti Technoratti, Digg, Corank, Furl, Spurl, Reddit, Delicious dsb.
  8. Exchange atau tukar link. Link yang di anggap oleh Google dan search engine lainnya adalah link berbentuk text.
  9. Komentar di blog do follow. Jangan asal komentar nanti anda dianggap spam. Berkomentar sesuai dengan topik dan jangan lupa, kolom nama anda isi bukan nama anda tapi kata kata yang akan anda optimasi
  10. Berikan anchor text yang tepat saat bertukar link atau memberikan backlink pada artikel anda yang sudah lama.
  11. Beriklan di situs yang pengunjungnya banyak dan PR nya besar seperti berikut PRO2PROMO ,PROMOSI-GRATIS, IKLAN SINGKAT, IKLAN ID, FOLDER BISNIS, FORUM ANAK MUDA, Publish Web.id. Untuk beriklan di iklan baris gratis jangan iklan 1 domain ke 200 iklan baris sekaligus,anda akan dianggap spam oleh Search Engine.
Nah sekian tips seo yang baru saya ketahui dan sebagian telah saya coba terutama yang gratisan. Lain waktu akan saya tambahkan untuk info yang lebih akurat dan tentunya ampuh dalam mendongkrak SEO. Semoga bermanfaat bagi para sahabat, dan bagi para master yang ingin menambahkant, silahkan bila ingin meralat atau menambahkan. Salam blogger.

3 komentar:

Artikel Komputer on 29 Januari 2011 pukul 11.56 mengatakan...

Salam kenal, backlinknya sudah terpasang di bog saya, silahkan di cek

Panduan SEO on 8 Februari 2011 pukul 01.07 mengatakan...

Makasih sudah berbagi paduan belajar seo

demira on 23 Februari 2011 pukul 01.14 mengatakan...

@artikel komputer: trimakasih
@panduan SEO: Sama sama :D