rss

Selasa, 25 Januari 2011

Agar Kandungan Sehat

Selamat siang para sahabat :D. Ada banyak calon ibu muda yang menanyakan, apa saja yang harus dihindari saat hamil? Wajar saja muncul banyak pertanyaan seperti itu karena selain belum pernah berpengalaman sebelumnya, mungkin ini juga merupakan tindakan prefentif dari calon ibu terhadap kesehatan, keamanan dan kenyamanan calon bayi saat masih berada dalam kandungan... Nah karena saya juga sedang mengalami hal tersebut maka berikut beberapa hal yang saya tahu yang agar kandungan sehat:
  1. Jangan terlalu lelah untuk usia kandungan trisemester pertama (tiga bulan pertama) karena pada usia ini, embrio baru terbentuk dan masih rawan. Istirahat cukup.
  2. Mengkonsumsi makanan  bergizi, sehat, bersih dan berserat. Misalnya: buah-buahan, sayurandan makanan laut. Mengapa makanan laut? Karena dalam makanan laut terdapat kandungan asam folat tinggi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Dan kenapa buah-buahan? Karena buah buahan dapat menyegarkan tubuh, selain itu kandungan seratnya bisa membantu kesehatan pencernaan. Untuk contoh sayuran yang paling baik adalah sayur bayam.
  3. Mengkonsumsi mulltivitamin dan susu khusus ibu hamil, untuk multivitamin bisa didapat dari resep dokter atau bagi yang tidak sempat saya sarankan belilah obat folavit di apotik untuk usia trisemester pertama karena sangat penting untuk perkembangan embrio calon bayi
  4. Jangan memakan makanan atau meminum yang mengandung alkohol. Misalnya: Tape, minuman bersoda.
  5. Hindari mengkonsumsi buah nangka, durian, dan jangan terlalu sering memakan yang mengandung santan karen akan menyebabkan perut terasa panas sehingga menimbulkan kontraksi pada perut dan berpengaruh terhadap janin karena kontraksi tersebut.
  6. Sebaiknya posisi tidur adalah miring ke sisi kiri. Mengapa tidak kanan? karena bila kita tidur posisi miring kekanan, organ hati yang berada di sisi kiri akan menindih calon bayi bila kita tidur dengan posisi miring ke kanan. Hal ini tidak baik karena calon bayi akan kesulitan bergerak, tidak bisa leluasa.
  7. Hentikan pemakaian kosmetik berdosis tinggi. Alangkah lebih baik bila menghentikan semua produk kosmetik yang biasa kita gunakan. Dan yang paling berbahaya adalah krim malam pemutih dari dokter, lipstik, proses bleaching atau pengelupasan kulit, pewarnaan rambut
  8. Jauhkan diri dari asap rokok
  9. Selalu menjaga kebersihan diri
Sekian tips dari saya semoga bermanfaat dan tidak ada salahnya bila ada tambahan masukan dari para sahabat dan bisa saling berbagi info :D

0 komentar: